Jabatan itu tidak lebih berarti dari sepatuku

Ibnu Abbas, sahabat Imam Ali as menukil sebuah kisah:

“Ketika Imam Ali as berangkat dari Madinah menuju Basrah, kami bermalam di daerah bernama Rabadzah. Sebagian warga yang tengah melakukan ibadah mengetahui kedatangan beliau dan akhirnya mendatangi tempat kami bermalam. Mereka begitu gembira dapat menemui beliau.

Pada waktu itu beliau sedang berada di kemahnya seorang diri. Saya menemuinya dan menyampaikan kabar mengenai kedatangan sebagian warga yang melakukan haji. Sesampainya saya di kemahnya, saya menyaksikan beliau sedang memperbaiki sepatunya. Saya lalu berkata, “Ya Ali! Saat ini kita lebih dibutuhkan untuk memperbaiki urusan masyarakat, ketimbang pekerjaan yang tengah engkau lakukan.”

Imam Ali as tidak menjawab ucapanku. Saya bersabar dan menanti sampai pekerjaannya selesai. Akhirnya beliau selesai memperbaiki sepatunya dan kemudian bertanya kepadaku, “Ibnu Abbas! Menurutmu, seberapa berharganya sepatu ini?”

“Tidak berharga”, jawab Ibnu Abbas.

Imam Ali as berkata, “Tidak mungkin tidak ada harganya sama sekali.”

“Kurang dari satu dirham”, kataku.

Beliau kemudian berkata, “Posisi khilafah itu agar saya dapat menegakkan keadilan dan menghancurkan kebatilan. Bila jabatan khilafah tidak demikian, maka jabatan itu tidak lebih berarti dari sepatuku ini.”

Ketika masih berada di Madinah dan setelah masyarakat Islam membaiat beliau sebagai Khalifah Muslimin, Imam Ali as memerintahkan untuk membuka Baitul Mal dan membagikan apa yang ada di dalamnya kepada umat Islam. Setelah melakukan itu, beliau kemudian melakukan shalat syukur sebanyak dua rakaat lalu menuju tanah pertaniannya untuk kembali bekerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s