Mengapa Imam Mahdi Diserupakan dengan Nabi Yusuf ? 

Salah satu poin penting yang ditegaskan dalam banyak hadis adalah penyerupaan Imam Mahdi as dengan para nabi masa lalu.

Banyak hadis yang menekankan sunah, metode, dan banyak titik keserupaan Imam Mahdi as dengan Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Yusuf.

Tentu, setiap nabi memiliki keistimewaan dan kriteria tersendiri. Salah satu kriteria yang dimiliki oleh Nabi Yusuf as adalah beliau tersembunyi dari masyarakat untuk beberapa masa.

Salah satu kritik pedas yang dilontarkan oleh kelompok Wahabi adalah tidak mungkin seorang menjadi hujjah Allah, dan pada saat yang sama tersembunyi dari masyarakat sehingga tak seorang pun bisa melihatnya. Seandainya pun bisa melihatnya, ia tidak bisa mengenalnya.

Untuk menjawab kritik ini, hadis menyerupakan Imam Mahdi as dengan Nabi Yusuf as. Nabi Yusuf adalah seorang hujjah Allah. Tetapi selama beberapa masa, tak seorang mengenalnya sekalipun ia melihatnya.

Saudara-saudara Nabi Yusuf as malah tidak mengenal diri Nabi Yusuf, padahal mereka telah bertemu, bertransaksi, dan berdialog dengannya. Hal ini berlanjut hingga Nabi Yusuf sendiri memperkenalkan diri kepada mereka.

Untuk itu, menurut keyakinan Syiah, bisa saja seorang hujjah Allah hidup tanpa dikenal masyarakat. Sekalipun demikian, ia bisa menuntaskan banyak problematika individual dan sosial masyarakat dengan cara menunjukkan solusi dan hidayah padahal mereka tidak mengenalnya. Dan ini bukanlah suatu hal yang aneh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s