Kemudian Rasulullah saw pun Menangis

Wanita-wanita Irak bersedih akibat ulah ISIS

Imam Ali as meriwayatkan bahwa pada hari Jumat terakhir dari bulan Syakban Rasulullah saw menyampaikan pidato. Setelah mengucapkan puja dan puji, kemudian Rasulullah saw bersabda:

Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan ampunan. Bulan yang paling utama di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Ini adalah bulan ketika kalian diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya.

Di bulan ini nafas kalian menjadi tasbih, amal kalian diterima dan doa kalian dikabulkan. Maka, mintalah kepada Allah Tuhan kalian dengan niat yang tulus dan hati yang bersih supaya Allah membimbing kalian untuk dapat melakuan puasa dan membaca kitab-Nya.

Sungguh celaka orang yang tidak mendapat ampunan Allah pada bulan yang agung ini. Dengan rasa lapar dan haus, kalian ingatlah rasa lapar dan haus pada Hari Kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin.

Muliakanlah orang yang sudah tua. Sayangilah yang muda. Sambungkanlah tali persaudaraanmu. Jagalah lidahmu. Tahan pandanganmu dari sesuatu yang tidak dihalalkan kamu memandangnya dan pendengaranmu dari sesuatu yang tidak dihalalkan kamu mendengarnya.

Kasihilah anak anak yatim, niscaya anak-anak yatim mu di kasihi orang lain. Bertobatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tanganmu untuk berdoa pada waktu salatmu karena itulah saatnya yang paling utama ketika Allah Aza wa Jalla memandang hamba dengan penuh kasih. Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia !Sesungguhnya dirimu tergadai karena amal mu, maka bebaskanlah dengan istigfar. Punggung kalian berat karena beban dosa kalian, maka ringankanan dengan memperpanjang sujudmu. Ketahuilah bahwa Allah swt bersumpah dengan segala kebesaran Nya bahwa Dia tdak akan mengazab orang-orang yang salat dan sujud dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada Hari manusia berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.

Wahai manusia! Barangsiapa di antara kalian memberi buka puasa kepada orang-orang mukmin yang berpuasa pada bulan ini, di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosanya yang lalu.

Seseorang bertanya,’ Ya Rasulullah! Tidak semua kami mampu melakukan itu’.

Kemudian Rasulullah melanjutkan sabdanya. Jagalah diri kalian dari api neraka walau hanya dengan separuh buah kurma. Jagalah diri kalian dari api neraka walau hanya dengan seteguk air.

Wahai manusia! Barangsiapa yang membaguskan akhlaknya pada bulan ini dia akan dapat melewati sirath pada Hari ketika kaki-kaki tergelincir. Barangsiapa yang meringankan pekerajan para pembantunya pada bulan ini, Allah akan ringankan pemeriksaan-Nya pada Hari Kiamat.

Barangsapa yang menahan kejelekannya pada bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada Hari dia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa yang memulaikan anak yatim pada bulan ini, Allah akan memulaikanya pada Hari dia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa yang menyambungkan tali per saudaraan silaturahmi pada bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada Hari dia berjumpa dengan Nya. Barangsiapa yang memutuskan hubungan kekeluargaan pada bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat- Nya pada Hari dia berjumpa dengan Nya.

Barangsiapa yang melakukan salat sunat pada bulan ini, Allah akan tetapkan baginya kebebasan dari api neraka. Barang siapa yang melakukan salat wajib, baginya pahala orang yang melakukan tujuh puluh salat wajib pada bulan lain. Barangsiapa yang memperbanyak salawat kepadaku pada bulan ini, Allah akan beratkan timbangan amalnya pada Hari ketka timbangan timbangan menjadi ringan. Barangsiapa yang membaca satu ayat al-Quran pada bulan ini baginya pahala orang yang menamatkan bacaan al-Quran pada bulan yang lain.

Wahai manusia! Sesungguhnya pintu- pintu surga dibuka pada bulan ini, maka mintalah kepada Tuhan kalian supaya tidak pernah menutupnya untuk kalian. Dan pintu pintu neraka ditutup, maka mintalah kepada Tuhan kalian supaya tidak pernah membukakannya untuk kalian. Setan-setan juga dibelenggu, maka mintalah kepada Tuhan kalian supaya ia tidak lagi pernah dapat menguasai kalian.

Amirul Mukminin as berkata, Aku berdiri lalu berkata, wahai Rasulullah! Amal apakah yang paling utama pada bulan in? Rasulullah saw menjawab, ‘Wahai Abul Hasan! Amal yang paling utama pada bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah.’

Kemudian Rasulullah saw menangis. Lalu aku bertanya ‘Wahai Rasulullah! Apa yang membuatmu menangis?

Rasulullah Saw menjawab. Wahai Ali Aku menangis karena mereka menghalalkan darahmu pada bulan ini. Tampak terlihat olehku engkau sedang salat menghadap Tuhanmu lalu datang manusia yang paling durjana, saudara kandung penyembelih unta Tsamud, dia menyabetkan pedangnya ke kepalamu hingga janggutmu memerah berlumuran darah.

Amrul Mukminin as bertanya. “Wahai Rasulullah! Apakah itu dengan disertai selamatnya agamaku?

Rasulullah saw menjawab. ‘Tentu dengan disertai selamatnya agamamu‘.

Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Wahai Ali! Barangsiapa yang membunuhmu berarti dia telah membunuhku barang siapa yang membencimu berarti dia telah membenciku dan barangsiapa yang mencacimu berarti dia telah mencaciku. Karena sesungguhnya dirimu di sisiku, seperi diriku, jiwamu berasal dari jiwaku, dan tanahmu dari tanahku“.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s