Tafsiran Imam Shadiq as tentang sebuah mimpi yang menakutkan

Seseorang bermimpi dan mimpi itu membuatnya ketakutan. Ia khawatir arti mimpinya adalah sesuatu yang sangat buruk baginya.

Dalam keadaan khawatir dan ketakutan ia mendatangi Imam Ja’far Shadiq as lalu menceritakan mimpinya.

“Aku bermimpi melihat seorang manusia kayu yang menunggangi kuda kayu sambil memegang pedang yang diayun-ayunkan ke atas. Saat aku melihatnya aku begitu ketakutan dan kini aku ingin engkau menafsirkan mimpi itu,” pinta lelaki tersebut kepada Imam Shadiq as.

Imam menjawab, “Pasti ada seseorang yang memiliki sebuah harta dan engkau sibuk memikirkan cara untuk mengambil harta itu dari tangannya. Takutlah kepada Allah swt yang menciptakan dan mematikanmu. Tinggalkan niat itu.”

Lelaki itu terkesima, kemudian berkata, “Sumpah engkau adalah orang yang memiliki pengetahuan dan pengetahuan itu kau dapat dari sumbernya. Aku memang punya pikiran seperti itu. Ada seseorang yang mempunyai sepetak tanah dan ia ingin menjualnya karena sangat membutuhkan uang. Ia tidak menemukan pembeli selain diriku dan aku selama ini sibuk berfikir bagaimana cara membeli tanah itu dengan harga semurah mungkin dengan memanfaatkan kondisinya yang seperti itu.”

Wasail Syiah, jil. 2, hal. 582.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s