Jika tidak setuju, mengapa Imam Ali as tidak memprotes para khalifah? 

Ali adalah pemuda pemberani. Jika ia tidak menerima kekhilafahan para khulafa, mengapa ia tidak memprotes? Mengapa tidak memerangi mereka? Bahkan mengapa ia sampai membai’at mereka?

Jawaban:

Sebelumnya juga pernah dijelaskan bahwa Ali tidak membai’at mereka atas keinginan hati. Ia terpaksa membai’at agar keutuhan Islam terjaga. Ia sendiri pernah berkata bahwa persatuan umat Islam baginya lebih tinggi dan lebih ia inginkan daripada kekhilafahan.

Dalam sepucuk suratnya kepada Abu Musa Asy’ari beliau menulis: “Tidak ada seorangpun yang melebihi aku dalam menginginkan adanya hubungan harmonis antar umat Islam”[1]

Mengapa Ali bin Abi Thalib tidak memprotes para khulafa? Kenyataannya tidak begitu. Ia seringkali memprotes. Pernah juga ia membawa khutbah Ghadir sebagai dalilnya dalam mendebat mereka. Namun Ali bukanlah pecinta dunia; begitu ia melihat pihak lawannya bersikeras untuk menguasai dunia fana, ia melepas begitu saja dan membiarkan mereka sepuasnya. Tak mungkin ia berbuat ceroboh yang hanya menghasilkan pertikaian, perpecahan, dan keruntuhan Islam.

[1] Nahjul Balaghah, surah ke 78

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s